Pembangunan Gudang Rumput Laut Kedua di Sebatik

Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur saat ini kembali membangun gudang rumput laut di Kecamatan Sebatik Barat untuk tahun anggaran 2013.

Gudang rumput laut ini merupakan gudang kedua setelah gudang yang sama dibangun di daerah Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan pada tahun 2012, ucap Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Nunukan, Suaedi di Nunukan, Kamis.

Suaedi menambahkan, saat ini pembangunan gudang rumput laut masih terkendala pencarian lahan melalui hibah untuk lokasi pembangunannya, berhubung tidak di anggarkannya pembebasan lahan untuk pembangunan gudang ini.

Menurut Suaedi, dana yang akan digunakan untuk pembangunan gudang rumput laut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun 2013 sebesar 900 juta rupiah.

Gudang rumput laut yang kedua ini dibangun dengan menggunakan dana DAK tahun 2013 sebesar 900 juta rupiah. Namun lahann yang akan di gunakan belum pasti karena masih menunggu yang hibah,” jelasnya.

Suaedi mengatakan lagi, bahwa setelah pembangunan gudang rumput laut kedua ini, DKP Kabupaten Nunukan kembali berencana membangun satu gudang lagi di Kecamatan Nunukan pada tahun 2014 mendatang.

“Kita merencanakan pembangunan gudang rumput laut yang ketiga di tahun depan, dikarenakan gudang yang sudah dan akan dibangun saat ini tidak mampu menampung seluruh produksi rumput laut di Kabupaten Nunukan,” ungkap Suaedi.

Mengenai rencana memulai pembangunan gudang rumput laut di Kecamatan Sebatik Barat tersebut, dia menegaskan belum dapat dipastikan, karena proyek pembangunan ini masih harus ditenderkan.

“Tendernya melalui DKP Kabupaten Nunukan, tapi saat belum dimulai prosesnya,” tuturnya.

Sumber : Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *